Lazada Memperkuat Keamanan : Kami (sekarang) memastikan keamanan transaksi kartu kredit menggunakan


btazone.com Laporan bobolnya beberapa akun Lazada memberi pembelajaran tersendiri bagi salah satu e-commerce terbesar di Indonesia ini. Tak ingin kasus serupa terjadi, begini strategi Lazada.

Seperti diberitakan sebelumnya, beberapa pengguna Lazada mengaku akunnya dibobol. Jutaan rupiah pun hampir melayang akibat transaksi yang dilakukan lewat pembayaran kartu kredit.

Demi mencegah hal yang sama terulang, Lazada kini menggalakkan yang namanya two step verification atau verifikasi ganda.

"Kami (sekarang) memastikan keamanan transaksi kartu kredit menggunakan two step verification," ujar Florian Holm, co-CEO Lazada, di kantornya.

Two step verification mewajibkan pengguna Lazada melewati dua verifikasi ketika bertransaksi menggunakan kartu kredit. Verifikasi pertama adalah melalui email dari Lazada, sedangkan verifikasi kedua dilanjutkan lewat SMS ke nomor nasabah yang terdaftar di bank penerbit kartu kredit. Untuk verifikasi kedua, dilakukan langsung oleh pihak Bank.

Jadi kalau akun email pengguna berhasil dibobol, verifikasi kedua yang lewat SMS seharusnya akan membantu menahan transaksi tak lazim. Sebab nomor telepon nasabah yang dikirimi SMS sejatinya hanya tersimpan di database bank yang sulit diakses.

Holm mengaku sebenarnya Lazada sendiri sudah sejak lama mengusung two step verification untuk transaksi lewat kartu kredit. Namun tanpa mau membeberkan alasannya, metode keamanan tersebut baru benar-benar digunakan setelah kejadian pembobolan akun-akun pengguna Lazada.

"Kami sebenarnya sudah menggunakan two step verification sejak pertama kali menawarkan pembayaran lewat kartu kredit. Tapi kejadian ini membuat kami lebih hati-hati lagi, tak ada lagi pengecualian untuk apapun," pungkas Holm.


No comments:

Write a Comment


Top